You Are Here: Home » Berita » Daurah Marhalah 2 KAMMI Daerah Tangerang Selatan

Daurah Marhalah 2 KAMMI Daerah Tangerang Selatan

Alhamdulillah Pembukaan acara Daurah Marhalah 2 KAMMI Daerah Tangerang Selatan, telah berjalan dengan lancar pada pukul 14.30 di Aula Insan Cendekia Madani pada hari Kamis 5 Oktober 2017.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Ibu Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH selaku Walikota Tangerang Selatan. Dalam sambutannya, Ibu Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH memberikan dukungan untuk kegiatan generasi muda kader bangsa yang siap mencetak pemimpin – pemimpin bangsa.

Agenda Daurah Marhalah 2 KAMMI juga dihadiri oleh perwakilan Mahasiswa dari anggota-anggota KAMMI dari berbagai kota di Indonesia. Diantaranya dari Pontianak, Semarang, Solo, Jogjakarta, Bandung, Bogor dan Kota Tangerang. Perwakilan dari Kota Tangerang berasal dari STAI Asy Syukriyyah.

Hadir juga tamu undangan, diantaranya Bapak Azhar yang merupakan perwakilan Kesbangpol. Selain itu Brigjen Bambang dari Koramil Ciputat turut hadir. Dihadiri juga oleh mahasiswa dan Organisasi/Komunitas yang ada di Kota Tangerang Selatan .

Acara dilanjutkan dengan Stadium General yang bertemakan :

“Menumbuhkan Peran dan Inovasi Pemuda dalam Perwujudan Visi ‘Sustainable Development Goals (SDGs)”

Disampaikan Oleh Pewakilan DPRD Kota Tangerang Selatan Ibu Siti Khodijah dan ibu Caroline Kabid. Bappeda Tangerang Selatan.

Sejarah membangun Indonesia tidak pernah lepas dari peran para pemuda. Pemuda khusunya mahasiswa, sebagai Guardian of Value (penjaga nilai luhur) masyarakat Indonesia dan sebagai Agent of Change ( agen perubahan) tak boleh lepas dan berdiam diri saja tanpa memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negaranya.

Berkenaan dengan pembangunan Indonesia, sejak tahun 2000 pemerintah telah melakukan langkah-langkah strategis bertahap yang tertuang dalam MDGs (Millenium Development Goals), kemudian pasca KTT Rio+20 2012 tujuan pembangunan dilanjutkan dalam rencana SDGs (Sustainable Development Goals). Dimana SDGs akan berhasil jika kaum muda terlibat aktif memainkan perannya dalam bidang-bidang strategis. (Isi pembukaan yang disampaikan oleh Moderator acara) .

Untuk Mengetahui Mengapa SDGs dibentuk dan rencanakan , terlebih dahulu kita pahami MDGs yang telah berjalan dari 2000 sampai 2015 yang mana Negara Indonesia terlibat didalamnya dengan memelihara dan mengembangkan tujuan yang telah dibangun di MDGs untuk melanjutkan ke capaian dan tujuan SDGs , Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan merupakan agenda global menggantikan Millennium Development Goals (MDGs), yang sudah mengubah wajah dunia dalam 15 tahun terakhir. Dunia yang semakin kompleks menempatkan agenda global ini menjadi kebutuhan seluruh dunia.

Dengan 8 tujuan yang harus dicapai dengan 18 target dan 48 indikator yang diharapkan dapat membantu tercapainya tujuan dari MDGs. Adapun 18 target dan 48 indikator. Dengan SDGs adalah 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangun . (Caroline S – Kabid. Ekonomi Bappenas Tangerang Selatan)

Dengan implementing 2030 Agenda for Sustainable Development . KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) , juga memiliki Platform Perjuangan Jayakan Indonesia 2045 adalah bentuk iktikad dan komitmen kebangsaan KAMMI untuk berkontribusi bagi kejayaan Indonesia. KAMMI menyadari ukuran kejayaan Indonesia terletak pada cita-cita kemerdekaan yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945. Cita-cita kemerdekaan itulah yang menjadi arah dan tujuan , Diharapkan dengan pemahaman dan internalisasi yang baik atas cita-cita kemerdekaan itu Indonesia bisa menggerakkan semua anak bangsa untuk bergotong royong mewujudkannya. teropong jangka panjang sebuah gerakan adalah alat untuk memetakan bentuk cakrawala di masa depan. perlu ada sebuah peta jangka panjang dalam menerjemahkan kerangka ideologi gerakan pada basis nyata.

Tahun 2045 bukan masa yang sebentar untuk dijelang. Ledakan populasi produktif pada usia emas Indonesia pada 2045 mendatang diharapakan tidak menjadi masalah bagi kita. Jika kita bisa memaksimalkan daya dukung gerakan dengan lebih tersusun rapi, diharapkan kejayaan Indonesia benar-benar tercapai. KAMMI merumuskan Platoform Kejayaan 2045 sekaligus menyiapkan generasi emas yang merealisasikan cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Inilah yang membuat saya tertarik dan ikut serta dalam Oraganisasi KAMMI , menjadi Mahasiswa yang tidak hanya fokus terhadap persoalan dunia akademisi kampus yangmana kebanyakan Mahasiswa hanya memikirkan tugas tugas yang diberikan dosen , hingga tidak menyiapkan diri dan terlibat didalam kemajuan bangsa dengan ikut andil dalam kerja nyata menyiapkan dan membentuk pemimpin – pemimpin bangsa dengan pemahaman yang baik , iyaa dikammi tidak hanya diajarkan nilai – nilai islam yang menjadi Ideologi (asas dasar) dalam pergerakan KAMMI melainkan juga menumbuhkan dan menciptakan manusia yang mencintai dan mengetahuin keadaan negerinya , maka dari itu setiap anggota KAMMI dia harus mampu menjadi seorang Muslim Negarawan.

@ STAI ASY-SYUKRIYYAH 2013 Jl. KH. Hasyim Ashari Km. 3 Cipondoh - Tangerang. 021-5544515

Scroll to top