You Are Here: Home » Berita » Milad & Raker HMP IAT

Milad & Raker HMP IAT

“Ketika hidup ini hanya untuk diri sendiri, maka ia akan terasa sangat singkat dan tak bermakna, tapi ketika hidup ini kita persembahkan untuk orang lain, ia akan terasa panjang, dalam, dan penuh makna (Sayyid Quthb)”.
Kutipan mutiara hikmah diatas kami jadikan sebagai pengiring langkah kami dalam menyelenggarakan acara Milad dan Raker HMP IAT yang ke-3.

Siang itu, Ahad 19 November 2017, meski di bersamai oleh hujan rintik-rintik, tetap tidak menyurutkan langkah kami untuk menuju Pondok Pesantren yang mulia yaitu “Daarul Qur’an” yang Insyaallah diiringi dengan niat dan tujuan yang mulia pula.

Setelah dilakukan berbagai persiapan yang matang selama kurang lebih satu minggu, Alhamdulillah berkat Rahmat dan Karunia Allah SWT, Milad HMP IAT berhasil diselengarakan. Aula Gedung Al Ikhlas PP. Daarul Qur’an, menjadi tempat yang kami pilih dalam penyelenggaraan Raker Kepengurusan periode 2017-2018.

Panitia mulai mendesain tempat acara mulai pkl.10.00, seksi Acara yg di koordinasi oleh akh. Humaidi telah mempersiapkan segala keperluan sebelum acara dimulai. Bersama dengan panitia-panitia lainnya yang tergabung dalam seksi perlengkapan, yaitu akh. Wedi Gunawan, Nursalim, kaka tingkat smster 7 akh. Aziz Mustofa, dibantu juga oleh akh. Ugi Agus dari IAT semester 1, semua saling bantu – membantu menyusun dekorasi panggung, sound system, infokus, layar, dsb. Setelah semua persiapan telah selesai, kemudian teman-teman pantia melakukan solat zuhur berjamaah pkl. 12.00 seraya memanjatkan do’a berharap semoga acara dapat berjalan dengan lancar… Aamiin.

Sementara itu di lain tempat, Ketua Panitia, akh. Moh. Maskur juga sibuk berkoordinasi dengan ketua-ketua UKM atau para undangan dari presiden BEM, akh Azhar Baihaki, ketua LDK, akh. Mabrur Latif, berikut dengan ketua-ketua lainnya dari HMP PAI, Eksis dan juga manajemen STAIS, Ust Dahari yang mana pada acara ini ternyata semuanya berhalangan hadir. Ketua pelaksana juga masih terus berkoordinasi dgn seksi konsumsi untuk menyiapkan nasi tumpeng yang akan digunakan sebagai satu simbol syukuran Milad HMP yg ke-3 ini, dengan terus mengharap ridho dan berkah dari Allah SWT.

Pkl. 12.30, seksi acara mulai membuka kegiatan dengan tilawah Al-Qur’an yakni khotmil Qur’an yg sebelumnya sudah dimulai sejak satu minggu yang lalu dengan membagikan tugas tilawah satu juz kepada seluruh anggota HMP IAT. Tilawah Al-Qur’an dipimpin langsung oleh akh. Humaidi S. Akbar sebagai koordinator acara diikuti oleh para peserta yg telah berdatangan, dimulai dari ketua HMP IAT periode 2016-2017 akh. Nursholihin, dan anggota HMP IAT lainnya yaitu akh. Asep Saripudin, Faisal Firmansyah, Saefullah, Iqbal Bovi, dst. Acara khataman pun selesai sekitar pukul 13.30.

Setelah acara khotmil Qur’an selesai, saudara MC yang ditugaskan kepada akh. Ugi Agus mahasiswa IAT smester 1 sekaligus sebagai tuan rumah dari PP. Darul Quran mulai membuka acara. Dengan mengucap salam pembuka dan basmalah, acara Milad dan Raker HMP IAT resmi dimulai. Melanjutkan dari rangkaian kegiatan berupa khotmil quran, acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan. Dimulai dari sambutan tuan rumah sekaligus MC pada acara kali ini yaitu akh. Ugi Agus, sambutan ketua pelaksana oleh akh. Moh Maskur, sambutan ketua HMP IAT tahun lalu (periode 2016-2017) akh. Nursholihin, sambutan pengurus HMP IAT periode 1 dan 2 (2014-2015 & 2015-2016) yaitu pengurus sekaligus pendahulu yang menggagas terbentuknya HMP IAT diwakili oleh akh. Aziz Mustofa, dan terakhir dilanjutkan sambutan dari Presiden BEM periode 2016-2017, akh. Azhar Baihaqi.

Banyak hal yang disampaikan oleh masing-masing pembicara. Dari tuan rumah PP. Daarul Qur’an menyampaikan rencana besar yang telah disiapkan dan dapat terealisasi di tahun 2023 yaitu berupa pembangunan 100 PP Daarul Qur’an diseluruh daerah Indonesia. Kemudian ucapan terimakasih oleh Ketua Pelaksana dan Ketua HMP IAT periode 2016-2017. Dan pesan dari Perwakilan Pengurus periode 2014-2015 dan periode 2015-2016 yakni tentang pentingnya peringatan Milad HMP IAT sebagai pelecut semangat bagi pengurus baru agar tahu tentang sejarah HMP IAT dan untuk apa HMP IAT dibentuk yg tak lain adalah untuk mendakwahkan Al-Qur’an. Juga pesan dari presiden BEM agar HMP IAT bisa semakin dikenal dan sejajar dengan UKM atau organisasi mahasiswa lainnya, yaitu dapat mengadakan kegiatan tingkat Nasional yang bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa ataupun umum yang bukan hanya dikalangan atau ruang lingkup STAI Asy Syukriyyah saja… Semoga Allah memberikan kemudahan atas semua rencana baik yg telah dipaparkan di atas.. Aamiin.

Setelah sambutan selesai, acara berikutnya adalah pemotongan nasi tumpeng. Nasi tumpeng dipotong oleh perwakilan pengurus HMP IAT terdahulu dan kemudian diberikan kepada para pengurus periode berikutnya yaitu kepada akh. Abdurahman (Pengurus periode 2015-2016), akh. Nursholihin (Pengurus periode 2016-2017) dan akh. Moh Maskur (Pengurus baru periode 2017-2018), ini adalah simbol ucapan doa agar para pengurus terdahulu memperoleh berkah dan pahala dari apa yang telah dikerjakan dan doa agar pengurus baru memperoleh kemudahan dalam berdakwah agar Al-Qur’an terus dapat dirasakan mukjizatnya hingga akhir zaman…Aamiin ya Rabb.

Dalam suasana keakraban dan persaudaaran, seluruh anggota menyantap hidangan yang telah disediakan oleh seksi konsumsi, di iringi dengan presentasi pengenalan logo dan sejarah HMP IAT yang dibawakan oleh Akh. Aziz, suasana pun menjadi lebih meriah. Terima kasih kami ucapkakan kepada Ustadz Aziz atas pemaparannya, dan terima kasih kami ucapkan kepada seksi konsumsi, semoga menjadi keberkahan untuk kita semua.

Seiring dengan berjalannya waktu, adzan ashar berkumandang, seluruh anggota kegiatan bergegas mengambil air wudhu dan kami solat ashar berjama’ah dalam suasana khidmat dan khusyuk.

Ba’da solat ashar, agenda acara raker dilanjutkan yaitu pengenalan pengurus baru HMP IAT periode 2017-2018, dengan dibawakan oleh Akh. Aziz satu persatu pengurus baru dari mulai ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan para anggota Divisi diperkenalkan. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan kepada para pengurus baru dalam mengemban amanah mulya nya.

Setelai pemaparan selesai, para penganggung jawab Divisi dipersilahkan untuk membuat halaqoh dengan anggotanya dan bermusyawarah untuk menentukan program – program yang akan diajukan kepada BPH untuk dimplementasikan dalam satu tahun kedepan. Musyawarah pun terlihat khusyuk, serius tetapi tetap dalam suasana santai, setelah kurang lebih 30 menit, beberapa point-point pun dihasilkan.

Agenda selanjutnya adalah pemaparan program–program unggulan dari setiap Divisi, diawali dari Div. Kominfo yang diwakili oleh akh. Solihin (Ketua periode 2016-2017) dan akh Asep Saripudin, beberapa program kerja pun disampaikan, Kemudian disambung oleh Div. Tarbiyah yang diwakili oleh akh. Wedi dan akh. Nursalim menyampaikan program-programnya, setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan dari Div. Tahfidz yang diwakili oleh akh. Ugi dan akh Arif, Alhamdulillah dari semua Divisi didapatkan banyak masukan dan program-program yang Insyaallah bermanfaat.

Setelah acara pemaparan program selesai, akh. Aziz kembali memandu acara dan meyerahkan keputusan kepada BPH apakah keputusan akan diambil pada saat itu atau akan dibahas lebih lanjut dalam raker berikutnya, dan kami pun sepakat untuk menunda pengambilan keputusan dan akan diadakan kembali raker tambahan untuk pengambilan keputusan.

Tanpa terasa seluruh rangkaian acara telah selesai diselenggarakan, kemudian MC menutup acara dengan ucapan hamdalah dan do’a bersama, ditutup dengan sesi photo bersama seluruh pengurus lama pengurus baru dan anggota, kemudian ramah tamah.
Alhamdulillah seluruh acara berjalan dengan lancar.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh panitia yang telah bahu membahu dalam mensukseskan acara MILAD HMP IAT, kepada seluruh undangan dari UKM STAIS dan tidak lupa kepada Pondok Pesantren Daarul Qur’an yang telah menyediakan seluruh fasilitas. Semoga para pengurus baru diberikan kekuatan dan istiqomah dalam mengemban cita-cita mulia yaitu “BERDA’WAH DENGAN AL QUR’AN”.

Oleh : Moh. Maskur

@ STAI ASY-SYUKRIYYAH 2013 Jl. KH. Hasyim Ashari Km. 3 Cipondoh - Tangerang. 021-5544515

Scroll to top